Rabu, 11 Maret 2009

6 10 Langkah Jadi Penulis Muda

buat kamu2 yang ingin jadi penulis, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan supaya bisa jadi penulis yang oke:

1. Mulai dari sering menulis di buku harianmu;
Tentang apa ‘aja, keseharian yang kamu alamin, dari bangun pagi sampai tidur lagi (kebanyakan’ya?). Tulis kejadian yang paling berkesan pada hari itu panjang-lebar, dengan gaya bahasamu pastinya! Ini penting untuk mengasah kebiasaanmu menulis.

2. Banyak-banyak membaca buku, koran dan majalah
Girls, perluas wawasanmu dengan rajin membaca surat kabar, majalah, dan buku-buku apa saja yang kamu suka. Jadi penulis tidak boleh ketinggalan berita, apalagi nggak tau’ apa-apa, kasihan buanget’deh lo! Dengan rajin baca, darisana kamu bisa punya gagasan dan ide untuk menulis. Beneran!

3. Sering browsing internet
Tapi jangan browsing yang ‘nggak-nggak’ya..Yang pasti kamu bisa membuka wawasanmu dari internet. Kalau nggak tau alamat situs sesuatu yang kamu cari, tinggal klik www.google.com, dan tulis kata kunci hal apa yang ingin kamu ketahui, dan..beerrrrrrrr..sederet cerita tentang itu bakal keluar buanyak sekali. Ini berguna juga’loh buat kamu mencari bahan informasi ‘ngerjain tugas pe-er sekolahmu.

4. Penulis kudu’ paham teknologi
Iya’dunk! Kamu kudu’ bisa mengetik di komputer, paham internet, punya email, tahu banget soal yahoo messenger, bagaimana menggunakan faks, scanning dan gadget lainnya. Semuanya kudu’ bisa biar mempermudah urusanmu dalam menulis cerita dan artikel.

5. Banyak-banyak membaca tulisan karya orang lain
Kalau kamu ingin menjadi penulis teenlit, banyak-banyak membaca teenlit karya orang lain, jangan cuma satu penulis. Disitu kamu akan melihat bagaimana setiap penulis punya gaya bahasa, alur cerita, penggambaran tokoh yang berbeda-beda, nah..itu kamu harus pelajari, girls!

6. Karya tulis sekolah = tes menulis
Yup! Kalau kamu sering mendapat tugas karya tulis, mengarang bebas atau yang sifatnya urusan menulis, jadikan itu proyek ujian menulismu. Kerjakan sepenuh hati, jangan menyuruh orang lain menulisnya’ya..

7. Lupakan kalimat pertama tulisanmu dengan ‘Pada suatu hari…’ (ihh, kaya’ anak SD aja!).
Kamu bisa mulai dengan menggambarkan setting dan suasana cerita yang ingin kamu buat, misal: ‘Embun sudah berjatuhan di rerumputan halaman rumah. Burut bercicit-cicit ramai. Ayah juga sudah menyalakan mesin mobilnya. Benar-benar pagi yang sibuk..’.
Atau kamu juga bisa memulai langsung dengan menceritakan tokoh yang ada dalam ceritamu, misal: ’Jangan tanyakan apa yang membuat Erin marah hari itu, sebab lagi-lagi nilai ujian matematikanya dibawah angka 6. Jadi dia lebih banyak diam daripada bercanda seperti biasanya..’

8.Selalu berlatih dan berlatih
Sama seperti bidang yang lain, kalau kamu tidak latihan, maka hasilnya akan nihil. Jadi, selalu mau meluangkan waktu untuk menulis dan menulis, apa saja..

9. Tulis point-point yang kamu ingin tulis
Bila kamu ingin membuat sebuah cerpen, buat coretan point-point apa yang ingin kamu tulis dan ceritakan di kertas. Seluruh point adalah tumpahan imajinasimu. Jadi jangan sampai terpaku lama di komputer, tanpa tahu apa inti cerita dan klimaks ceritamu.
Misal: tema ceritamu tentang ‘Cowok Paling Belagu di Kelas’. Tulis point-point cerita seperti:
- tokoh utama: Rio
- tokoh pendukung: Aryan, Hisna & Iwi
- Awal cerita: Belagunya Rio di sekolah
- Isi cerita: Rio suka m’bully di sekolah
- Isi cerita: Rio kena batunya
- klimaks cerita: Rio insyaf, dan banyak aktif di OSIS

10. Penulis = orang paling peka’!
Yup! Tanpa kamu peka’ dengan keadaan sekitarmu, maka imajinasi, wawasan, dan ilmumu akan tersumbat. Ceritamu jadi tidak berisi dan hambar! Maka, banyak-banyaklah bergaul dan punya kepekaan yang luar biasa terhadap perasaan diri dan orang lain, lingkungan dan semuanya.

So, kalau sering menulis, kamu jadi bisa menilai sendiri atau minta penilaian temanmu atas hasil tulisanmu. Kalau sudah pede, kirim aja’ ke majalah atau penerbit, siapa tahu karyamu dimuat bahkan jadi buku. Wah, lumayan’loh honornya. Bahkan kamu bisa jadikan hobimu ini jadi suatu profesi. Iya, profesi penulis!

Jadi..Selamat menulis! Yakinlah..kamu juga bisa’kok jadi penulis!!!@

http://forum.tabloidnova.com/showthread.php?p=21742

6 komentar:

nia restanjung mengatakan...

boleh donk kirim naskah, infokan gimana caranya?

Teh Nia mengatakan...

boleh kirim naskah. sekarang kita lagi butuh naskah cerpen. kalo minat,kirim aja ke cikapublishing@gmail.com

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Teh Nia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Teh Nia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

bagaimana cara posting cerpen?..
maaf,apakah ada imbalannya?
saya sedang butuh pekerjaan untuk bantu keluarga..
thnk's
deputri