Selasa, 02 Juni 2009

0 SETELAH NASKAH DITERIMA PENERBIT

Naskah yang diterima oleh penerbit tidak dapat segera diterbitkan, namun naskah tersebut harus mengalami serangkaian proses lagi, diantaranya proses editing. Orang yang bertugas mengedit naskah disebut editor. Editor terbagi menjadi tiga,
•editor amatir
•editor spesialis
•editor generalis
•editor profesional

Secara umum, tugas editor adalah mengedit atau menyunting naskah sehingga menjadi naskah yang layak cetak. Mengapa naskah perlu diedit? Hal ini karena bisa dipastikan tidak ada naskah yang luput dari kesalahan, terutama kesalahan bahasa (ejaan, kalimat).


Dalam hal editing naskah, editor secara umum melakukan lima keputusan editing sebagai berikut:
•pengabaian yaitu membiarkan bagian naskah apa adanya karena sudah baik dan benar.
•Perbaikan yaitu melakukan perubahan bagian naskah dalam hal kalimat rancu atau bertele-tele, penempatan paragraf ataupun struktur bab.
•Penghilangan yaitu menghilangkan bagian teks karena memang dianggap tidak diperlukan, pengepasan halaman (kelipatan delapan karena jumlah halaman buku habis dibagi delapan), atau demi efisiansi halaman.
•Penambahan yaitu menambahkan bagian naskah karena dianggap penting, pengepasan, atau demi melengkapi substansi naskah.


Dua yang pertama bisa dikategorikan editing ringan sehingga dapat dilakukan oleh editor pemula. Namun, tiga yang terakhir termasuk kategori editing berat dan harus dilakukan oleh editor yang benar-benar berpengalaman.


Dalam konteks penerbitan buku, editor yang hendak melakukan tiga hal tadi harus memperoleh izin dari penulis. Editing adalah mata rantai penting dalam proses penerbitan naskah sehingga naskah tersebut layak terbit. Penulis naskah adalah mata rantai paling utama terjadinya proses penerbitan. Jika kedua mata rantai ini tidak saling mengait dengan erat, tentu tujuan akhir lahirnya sebuah karya yang berkualitas tidak akan pernah terjadi. Editor dan penulis harus bekerjasama untuk menghasilkan naskah yang baik.

Jadi jangan sakit hati kalau naskahnya di edit ya:-)

0 komentar: